Jumat, 01 Januari 2021

Efek Dari Rantai Keteng Yang Kendor

Efek Dari Rantai Keteng Yang Kendor

 

Hallo Sobat Riders , Kalian tau ga si betapa Berbahayanya Jika Rantai Keteng di kendaraan andai Kendor, Apa yang bakal terpikir dibenak kalian kalau tiba-tiba rantai yang sudah kendor tapi masih kalian coba paksakan pada saat pernjalanan jauh / riding. Jangan sekali-sekali anda paksakan menggunakan kendaraan yang rantai ketengnya kendor, karna akan berbahaya sekali untuk si motor dan si penggunanya itu sendiri. kali ini mimin bakal informasi penting buat kalian hehehe semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua ya Sobat Riders. dan informasi ini mimin alami sendiri pada saat touring jauh Tangerang-Pekalongan kampung halaman mimin heheh :D.

yuk simak cerita mimin dan pahami apa saja untuk mengetahui gejala serta efek dari rantai keteng yang kendor.

CERITA SINGKAT

Ceritanya pada waktu itu bertepatan suasana Mudik Lebaran, Singkat cerita mimin melakukan persiapan pada motor custom mimin yang berbasic honda tiger 2003 tersebut untuk melakukan perjalnan Mudik lebaran dan kebetulan itu perjalanan pertama kali mimin menggunakan kendaran roda dua karna memang biasanya mimin mudik lebaran dengan keluarga menggunakan mobil pribadi. sebelum h-2 perjalanan mimin bawa motor ke bengkel dan disitulah titik kesalahan mimin, soalnya mimin lebih memperhatikan kelistrikan dari pada kondisi mesin pada saat itu karna memang waktu itu suara dari rantai keteng yang kendor belum separah pada saat melakukan perjalanan. setelah memperbaiki kelistrikran mimin melakukan service kendaraan normal seperti biasanya seperti service karburator , dan ganti oli mesin. lalu pada saat hari H mimin melakukan perjalanan dari Ciledug Tangerang pukul 19.30 PM bersama Adik mimin. Singkat cerita perjalanan pun dimulai dengan keadaan yang baik-baik saja dan sampai akhirnya trouble itu mulai timbul di Jl Alteri Pantura Cirebon. saat mimin masih stay dengan kecepatan 90-100Km/jam karna waktu itu belum ramai sekali pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman. dan di tengah kecepatan itu tiba-tiba terdengar dari mesin sesuatu yang menabrak blok mesin dan menimbulkan break engine atau yang biasa di sebut mati/stop, mimin kira hanya mesin nya saja yang kepanasan jadi mimin putuskan istirahat sambil mendinginkan mesin. 20 menit istirahat mimin coba nyalakan kembali kendaraan mimin ga lama motor langsung nyala tapi dengan keadaan rendah kompresi dan ngemposss..., jalan sekitar 1 km kurang tiba-tiba motor mimin mati lagi dan pada saat itu benar-benar motor udah ga bisa di hidupin lagi dan tepatnya pukul 23.45 PM, mimin sempat panik dan coba buat tenang dan ga lama ada warga nyamperin mimin dan nanya "Kenapa dek?" lantas mimin jawab "motornya mati pak" dan bapak itu menunjuk ke arah jalan belakang yang mimin sudah lewati sebelumnya ternyata 15 meter dari mimin berada ga jauh ada bengkel mimin pun senyum ternyata ada bengkel padahal pas mimin lewat itu ga engeh kalau ada bengkel di jalan itu. singkat nya lagi mimi bawa langsung ke bengkel rumahan itu dan langsung di cek sama mekanikanya tersebut dan kata mekanikya bilang "ini motor sudah parah dan harus turun mesin" mimin panik lagi karna mimin tau kalau sudah turun mesin itu pasti lama sedangkan mimin lagi ngejar waktu buat sampai ketujuan mimin. berhubung ga ada cara lain mulai lah di bongkar mesin nya . setalah di ternyata banyak sekali efek yang di timbulkan dari rantai keteng yang kendor dan akan mimin bahas dibawah ini apa saja efeknya. singkat dari cerita yang tadi akhirnya motor mimin langsung di betulkan dan mimin langsung gas lagi ke tujuan mimin pukul 05.30 AM.

KERUSAKAN YANG DITIMBULKAN

  • Kerusakan Rantai keteng
  • Lidah Tensioner akibat tabrakan atau loncatan rantai keteng yang kendor
  • Tonjokan Tensioner
  • Piston/Seher Lecet
  • Klep Bengkok karna tabrakan tersebut

GEJALA AWAL

  • Bunyi logam/besi yang adu Pada Bagian dalam mesin
  • Berkurangnya Kompresi kendaraan

Itu sedikit informasi pengalaman serta efek dan gejala awal rantai keteng yang kendor / rusak so intinya kalian harus terus mengecek kondisi kendaraan kalian serta mimin pun ga bakal bosan-bosan ngingetin buat kalian para Sobat Riders Custom untuk selalu merasakan perbedaan kendaraan anda saat berkendara jauh maupun dekat.

sekian informasi dari mimin dan semua informasi diatas ditulis berdasarkan pengalaman admin jika masih ada informasi yang masih kurang, tolong bantu tuliskan dikolom komentar.

Wassalamualaikum wr. wb. Salam Satu Aspal :)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar