Jumat, 01 Januari 2021

Cara Memperbaiki Karburator Honda Tiger Yang Error

Mengenai masalah yang sering terjadi oleh para Riders Custom yaitu Karburator Yang Error , Siapa sih yang ga kesal kalo lagi mau persiapan riding / sudah setengah jalan saat riding tiba-tiba karburatotnya error. jelas kesel dong ya hehehe. Oke baik karna ada dan mungkin banyak sekali persoalan tersebut yang sering dialami Riders Custom, oleh karna itu admin Sekarang akan membahas apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi persoalan tersebut. Hal yang harus dilakukan sebagai berikut :

KENALI PEENYEBABNYA SERTA MASALAHNYA

Ini lah langkah awal dan sebagai petunjuk untuk melanjutkan ke Tahap berikutnya, jadi sebelum kalian memperbaiki karburator khususnya Motor Honda Tiger yang Error , Kalian harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab dan masalahnya . biasanya penyebab yang paling sering dialami adalah

  1. Karburator Yang Kemasukan Air
  2. Body Skep yang lecet dan Jarum Skep yang bengkok
  3. Pilot jet dan Main jet yang mampet`
  4. Pelampung Karburator yang bermasalah

Itulah sedikit masalah / penyebab yang sering membuat karburator error, kalau masih ada yang kurang tolong bantu tambahkan di kolom komentar ya sobat Ridersku. dan bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki penyebab-penyebab tersebut?. oke mimin akan jawab secara detil untuk penyebab-penyebab yang ada di atas.

CARA MENGATASI SERTA PERBAIKAN

Karburator yang kemasukan air, penyebab ini lah masalah utama pembakaran yang terjadi di dalam mesin tidak sempurna yang menimbulkan masalah pada saat berkendara. akibat dari pembakaran dalam mesin yang kurang sempurna, kendaraan akan menimbulan polusi serta partikel yang kurang baik dari dalam mesin yang dialirkan keluar oleh knalpot dan dapat mempercepat umur sparepart yang ada dibagian dalam mesin. oleh karna itu kalian harus sering merasakan bagaimana keadaan kendaraan anda serta mengecek secara berkala karburator anda. nah untuk masalah tersebut cara mengatasinya mudah saja yaitu dengan mengkosongkan bak penampung bensin pada karburator yang berada di bagian bawah karburator, biasanya ada bagian baut/skrup berbentuk min di bagian paling bawah karburator seperti gambar diatas, nah tinggal kalian longgar kan dengan cara memutar ke arah berlawanan jarum jam dan otomatis lubang pembuangan di paling bawah karburator akan Terbuka dengan sendirinya, setelah sudah dirasa kosong putar kembali baut/skrup tersebut searah jarum jam. selain cara itu kalian bisa langsung bongkar saja bak karburator tersebut dan melakukan servis karburator nya , cara diatas terbut adalah cara paling efektif untuk mengatasi karburator yang kemasukan air

Body skep yang lecet dan jarum skep yang bengkok, untuk mengatasi masalah tersebut jalan paling efektif adalah menggantinya dengan RepairKit karburator yang baru karna memang masalah tersebut tidak bisa "diakali" selain mengganti dan sangat rentan mengalami trouble jika mencoba mengakali masalah tersebut. so untuk kalian jangan sungkan untuk mengganti kit-kit yang ada dalam karburator. murah ko berdasarkan pengalaman, mimin pernah membeli RepairKit Original Karburator untuk tipe karbu Keihin yang dibeli seharga kurang lebih sekitar Rp 50.000 saja, next.

Pilot dan Main Jet yang mampet , ini lah salah satu faktor yang paling sering membuat error pada karburator para Riders kita. karna pilot dan main jet itu adalah sumber utama yang mengalirkan bahan bakar kedalam mesin, jadi otomatis jika pilot dan main jet mampet makan aliran bahan bakar dari karburator menuju mesin tidakan akan sempurna dan menimbulkan motor jadi sulit untuk "langsam". cara mengatasinya adalah dengan cara meniup dengan keras ke arah lubang pilot dan main jet tersebut agar kotoran yang menyumbat bisa keluar karna tiupan tersebut. atau dengan cara menusukan jarum kecil yang seukuran dengan lubang nya jika cara tersebut masih gagal cobalah ganti part tersebut dengan part terbaru dan original.

Pelampung Karbu yang bermasalah, tidak kalah pentingnya ini juga sebagai penyebab utama dari kebanjiran bensin di karburator, kenapa disebut banjir karna kapasitas yang ada didalam bak penampungan bensin pada karburator terlalu kelebihan kapasitas sehingga menyebabkan keluarnya bahan bakar dari sela-sela body karburator. oleh karna itu pelampung adalah salah satu indikator utama dalam mengatur aliran bensin dari tangki menuju bak penampung karburator dan jika terjadi masalah pelampungnya maka jarum skep tidak akan menutup aliran bensin dengan sempurna. dan cara mengatasi masalah tersebut dengan cara meluruskan posisi pelampung dan mengatur tinggi rendahnya pelampung tersebut sobat, jika ada kerusakan secepatnya diganti dengan cara membeli repair kitnya saja.

Oke sobat Riders cukup sekian pembahasan kali ini dan pokok dari pembahasan kali ini adalah " jangan panik jika mengalami masalah-masalah yang ada di atas, tidak perlu langsung membeli karburator baru karna semua masalah yang ada pasti ada sebab serta solusinya hehehe"

itulah informasi dari saya bagaimana cara memperbaiki karburator khususnya motor honda tiger 2003 dan semua informasi diatas ditulis berdasarkan pengalaman admin jika masih ada informasi yang masih kurang, tolong bantu tuliskan dikolom komentar. sekian dari saya lebih kurangnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr. wb. Salam Satu Aspal :)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar